Infrastruktur Jalan Penghubung Dua Desa di Tabang Ditingkatkan

Kutai Kartanegara – Peningkatan Infrastruktur konektivitas antar wilayah terus menjadi fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Kecamatan Tabang menjadi salah satu yang disasar pada tahun 2024 ini.

Rencananya peningkatan infrastruktur yang akan dilaksanakan tersebut, yaitu jalan yang menghubungkan Desa Umaq Dian ke Desa Pendohon sepanjang 1 kilometer.

Jalan penghubung dua desa ini dinilai penting untuk dilakukan peningkatan. Apalagi jalan ini merupakan jalan poros utama.
“Perbaikan ini sangat penting untuk Kecamatan Tabang, karena jalur ini merupakan poros utama,” ujar Camat Tabang, Rakhmadani Hidayat.

Peningkatan jalan yang rencananya akan dikerjakan pada tahun 2024 ini diharakan berjalan lancar tanpa kendala. Sehingga, masyarakat dapat segera menikmati jalan yang telah diperbaiki.
“Saat ini jalan masih berupa soil cement (campuran semen tanah). Kita berharap nantinya menjadi jalan beton dengan anggaran murni tahun 2024 atau anggaran perubahan sudah selesai tahun ini,” harapnya.

Jalan poros penghubung Desa Umaq Dian menuju Desa Pendohon panjangnya mencapai 33 kilometer, dengan sebagian jalan berupa beton dan sebagiannya lagi masih soil cement.

Infrastruktur di wilayah Kecamatan Tabang ini terus diajukan kepada Pemkab Kukar untuk ditingkatkan menjadi jalan beton. Khususnya, jalan yang masih berupa soil cement. Karena jalan tersebut mudah rusak yang disebabkan perubahan kontur tanah. (Adv/diskominfokukar).