Inovasi Desa Loh Sumber Luncurkan Program Senin Peduli Bersama Pendidikan

Kutai Kartanegara – Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Untuk mendukung upaya tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu luncurkan program Senin Peduli bersama pendidikan.

Program yang digagas oleh Kepala Desa (Kades) Loh sumber ini pun sudah diterapkan dan berjalan hampir satu tahun.

Kades Loh Sumber, Sukirno, mengatakan, program ini untuk mempersiapkan generasi muda yang cerdas dan berdedikasi. Program ini memberikan memberikan motivasi, edulasi dan semangat bagi sekolah-sekolah yang ada di desa. Program yang menyasar dari tingkat Pendidikan Anak Usai Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini diharapkan menghasilkan generasi penerus yang unggul. Antusias sekolah dan anak-anak terhadap program ini pun dinilai dapat menjadi inovasi bagi daerah lainnya.

Tak hanya porgram Senin Peduli Bersama saja yang diterapkan, Pemdes Loh Sumber juga turut memberikan beasiswa yang menyasar kepada satuan pendidikan tingkat SD dan SMP. Beasiswa itu ditujukan kepada siswa SD dan SMP yang berprestasi. Pemberian beasiswa ini merupakan bentuk apresiasi dan untuk meningkatkan motivasi swiswa dalam meningkatkan daya saing.
“Dengan program ini, kami berharap membangun generasi yang gemilang dan cerdas, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam membangun desa,” tutupnya. (Adv/diskominfokukar).