Tingkatkan Layanan, Disperindag Kukar Usulkan Pembentukan Empat Unit UPTD

Kutai Kartanegara – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) teris melakukan peningkatan terhadap layanan. Bahkan, Dinas ini merencanakan untuk membentuk empat Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) perdagangan. Empat UPTD ini akan dibangun di lokasi yang berbeda, yakni di Pasar Tangga Arung, Pasar Mangkurawang, Pasar Loa Kulu dan Pasar di Samboja.

Proposal pembentukan UPTD ini juga sudah diajukan pada tahun 2024 ini. Selanjutnya Disperindag akan melakukan penempatan personel dan penyegaran pasar, termasuk perbaikan fasilitas untuk mendukung kegiatan jual beli para pedagang.
“Kualitas pasar akan meningkat melalui UPTD. Sehingga, pengelolaan pasar bisa dioptimalkan,” ujar Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah.

Pasar yang dikelola oleh UPTD ini juga diharapkan dapat menjadi model bagi pasar yang lainnya. Baik dalam hal penataan, kebersihan, fasilitas, keamanan maupun kenyamanan.

Pedagang yang berjualan di pasar dianggap penting sebagai motivasi bagi pedagang yang berjualan di trotoae atau pinggir jalan.
“Dengan pengelolaan yang baik, pasar akan menjadi bersih dan nyaman seperti pusat perbelanjaan. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui peningkatan jumlah pengunjung dan pedagang,” tutupnya. (Adv/diskominfokukar).