Seleksi Jabatan Tinggi Pratama di Kukar Akan Dilaksanakan Dalam Waktu Dekat

Kutai Kartanegara – Beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah menunjuk pelaksana tugas (Plt) untuk mengisi jabatan sejumlah posisi kepala dinas atau badan yang masih kosong. Tercatat sebanyak 12 Jabatan Tinggi Pratama (JTP) di lingkungan Pemkab Kukar yang masih belum terisi sebagai pejabat definitif.

12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih dijabat oleh pelaksana tugas tersebut, diantaranya Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Kemudian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) dan Dinas Perkebunan (Disbun).

Untuk mengisi kekosongan tersebut, Pemkab Kukar akan melakukan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dalam waktu dekat. Pemerintah daerah juga tengah mengajukan permohonan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Republik Indonesia (RI) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk bisa menggelar seleksi pejabat tersebut.

“Jika ada persetujuan itu, nanti kita umumkan untuk pendaftaran seleksi JPTP,” kata Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono.

Diketahui dari Sekkab Kukar tersebut, sebenarnya pengajuan untuk melakukan seleksi sudah lama diajukan ke KASN. Namun, ada beberapa hal kendala yang akhirnya baru keluar beberapa waktu lalu. Sehingga, pengumuman tersebut ditargetkan akan dimulai pada akhir April 2024 ini.

Berkaitan dengan hal tersenut, Sunggono mengimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah memenuhi persyaratan untuk ikut seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama.
“Jadi siapapun yang sudah menganggap dirinya siap dan memenuhi syarat, silahkan ikut itu,” tutupnya. (Adv/diskominfokukar).