Tambah Penghasilan Desa BUMDes Loh Sumber Kembangkan Usaha Baru

Kutai Kartanegara – Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartaengara (Kukar) terus melakukan inovasi untuk tingkatkan nilai ekonomi. Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), akan dikembangkan usaha baru untuk menambah penghasilan desa.

Hal ini juga bertujuan agar BUMDes yang bernama Sumber Purnama ini terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi Desa Loh Sumber.

BUMDes Sumber Purnama yang selama ini fokus kepada pengembangan sektor pertanian kini tengah melakukan inovasi baru. Penyediaan suku cadang kendaraan bermotor dinilai menjadi daya tarik untuk dikembangkan oleh BUMdes yang dibawah naungan Pemerintah Desa Loh Sumber ini.
“Ini disebabkan oleh banyaknya bengkel di Desa Loh Sumber dan sekitar Kecamatan Loa Kulu, yang masih mengimpor suku cadang dari Tenggarong, Samarinda hingga Balikpapan. Ungkap Kepala Desa (Kades) Loh Sumber Sukirno.

Potensi ini disebut sangat menjanjikan, apalagi melihat banyaknya bengkel di LoH Sumber dan sekitarnya mengambil suku cadang dari luar daerah. Tentunya, sangat disayangkan jika peluang ini tidak dimanfaatkan dengan baik.

Hadirnya usaha baru ini diharapkan dapat menjadi tambahan bagi Pendapatan Asli Desa (PADes) Loh Sumber yang disumbangkan melalui BUMdes Sumber Purnama.

Selain itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Loh Sumber juga berharap kepada instansi yang berkaitan dengan hal tersebut dapat melirik dan memberikan pembinaan kepada BUMDes, baik yang masih dalam tahap pengembangan, maju maupun bagi BUMdes yang sudah mandiri. Dengan tujuan, program-program yang tengah diterapkan oleh pemerintah desa melalui BUMdes selaras dengan vis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.
“Kaminberharap agar pemerintah Kabupaten Kukar dapat memberikan dukungan yang memadai dalam pembinaan terhadap desa atau BUMDes,” tutupnya. (Adv/diskominfokukar)