oleh

DPRD Dukung Pembangunan Pabrik Semen

SANGATTA. Ketua DPRD  Kutai Timur (Kutim) Mahyunadi  mengatakan, setuju  pembangunan pabrik Semen di  Karts. Hanya saja,  harus memenuhi ketentuan yang ada,  yakni hanya menambang di lokasi yeng telah ditentukan.  “ Jadi saya sangat setuju kalau ada perusahan mau bangun pabrik semen di karts.  Yang penting, tidak mengganggu  sumber air.  Sebab dari sekian ribu hektare  karts, hanya sebagian kecil yang akan ditambang,” katanya.

Diakui, ada dua sisi di karts saat ini. Di sana ada peninggalan prasejara, yang harus dilindungi, khusus di kawasan yang dilindungi. Namun ada juga kawasan yang bebas, yang boleh digunakan untuk  bahan baku semen, sebagai kawasan ekonomi. Keduanya harus sama jalan,  kawasan dilindungi tetap lestari, tapi untuk ekonomi juga harus jalan, dimanfaatkan. Sebab ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

 “makanya, saya tandatangan gugatan SK gubernur  terdahulu, yang menyatakan tidak boleh ditambang.  Seharusnya, yang kawasan bebas, tetap ditambang  tapi kawasan yang dilindungi, harus tetap utuh,” katanya.

Selain akan meningkatkan  ekonomi masyarakat, Mahyunadi memastikan  nantinya  pabrik semen ini akan  berdamapk besar pada kemajuan pembangunan. Sebab dengan adanya  pabrk semen, maka harga semen akan murah, seperti di  Sulawesi.  Karena adanya semen murah, maka pembangunan jalan cor, akan makin cepat. “Contohlah Sulawesi.  Karena semen murah, jalan  trans sulawesi sepanjang ratusan kilometer, bisa di cor,” katanya.

Berita Terbaru