oleh

245 Orang Kontingen PEDA KTNA Kutim Siap Dilepas Bupati Kutim, Besok

Sangatta.  Setelah memaksimalkan persiapan dan melakukan pemantapan, sebanyak 245 orang kontingen asal Kutai Timur dipastikan siap untuk mengikuti kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA), yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-25 Juli 2019, di Kabupaten Berau. Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kutim, Sugiono kepada Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang dalam rapat koordinasi di lingkungan Pemkab Kutim.

Dikatakan, Distan Kutim bersama KTNA Kutim telah menyelesaikan persiapan untuk keberangkatan kontingen asal Kutim untuk mengikuti kegiatan PEDA KTNA di Berau. Sebelumnya, persiapan sedikit mengalami kendala dikarenakan anggaran yang tidak kunjung cair.

Namun dengan telah cairnya anggaran kegiatan, maka dipastikan 245 orang peserta Peda KTNA yang terdiri dari pateni, nelayan dan petugas penyuluh lapangan (PPL) di Kutim, siapa diberangkatkan. Rencananya, esok (18/7), kontingen PEDA KTNA Kutim akan dilepas langsung oleh Bupati Kutim, Ismunandar.

Lanjut Sugiono, dari 245 orang peserta PEDA KTNA asal Kutim, sebanyak 104 orang dipastikan berangkat secara swadaya dengan menggunakan pembiayaan pribadi. Sedangkan 141 orang peserta lainnya ditanggung pembiayaannya melalui anggaran APBD Kutim.

Selain itu, Sugiono juga meminta dukungan dari Pemkab Kutim, sebab pihaknya tengah mengusulkan agar Kutim bisa menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan PEDA KTNA di tahun 2023 mendatang. Usulan Kutim menjadi tuan rumah pada even empat tahunan ini, bersaing dengan Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Paser.

Berita Terbaru