oleh

Herlang : Dukung Pemekaran Sangsaka

Sangatta…Anggota DPRD Kutim Herlang Mappatiti mengaku sangat mendukung pemekaran Sangkulirang dari Kutai Timur. Meskipun dirinya dari Dapil I, yakni dapil Sangatta, namun dia tetap dukung pemekaran tersebut, demi mempermuda pelayanan dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

“Jadi kalau kami ditanya masalah pemekaran, pasti kami dukung.  Karena  itu tujuannya untuk peningkatan pelayanan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Namun, meskipun dirinya mendukung pemekaran, namun dia juga masih sanksi akan pemekaran. Sebab selain ada moratorium, untuk pemekaran itu ada syaratnya.  Ada kajiannya. Tentu pemerintah pusat tidak gampang melakukan pemekaran, karena harus memenuhi kriteria, yang memamg sudah ditentukan.   “Jadi kalau memanuhi syarat yang sudah ditentukan, pasti bisa.  Jadi kalau memenuhi syarat, saat dicabut moratorium, langsung bisa dimekarkan,” katanya.

Karena itu,  dia sangat mendukung pemakaran, apalagi kalau dari sekarang semua persyaratan itu sudah dipersiapkan,  agar saat moratorium itu dibuka, bisa langsung dimekarkan.

“Karena itu, seharusnya dari sekarang, salah satu yang dipersiapkan adalah sumber Pendapatan asli daerah (PAD). Sebab, kalau dimekarkan namun PAD minim untuk menggaji pegawai, maka itu mungkin juga akan menyulitkan pemerintahan  di sana nantinya,” katanya.

Menurutnya,  untuk pemekaran Sangkulirang,  pihaknya sangat optimis. Sebab, dari segi sumber daya manusia, Sangkulirang dan beberapa kecamatan yang akan masuk didalamnya,  sangat mumpuni. “Sekarang ini, bupati Kita dari Sangkulirang. Sekda Kita dari Sangkulirang. Banyak anggota DPRD Kita dari sana. Jadi faktor sumber daya manusia ini, juga bisa sangat mendukung percepatan pemekaran nantinya,” katanya.

Berita Terbaru