DPRD Minta Fungsikan BLK

Parlementaria117 Dilihat

Sangatta…Demi meningkatkan kemampuan tenaga kerja daerah yang terampil dan bisa bersaing dengan tenaga kerja luar daerah. Wakil Ketua DPRD Kutim yulianus palangiran meminta Pemkab untuk memfungsikan Balai Latihan Kerja (BLK).

Wakil Ketua DPRD Kutim Yulianus Palangiran, menyebutkan selama ini banyak perusahaan membuka lapangan kerja namun yang sudah berpengalaman.

Menurutnya, dengan ratusan perusahaan yang beroperasi di Kutim, seharusnya tenaga kerja yang menganggur harus sedikit. Namun kenyataanya terus meningkat, terutama penganguran terbuka di semua kecamatan.”BLK harus benar-benar difungsikan dengan melatih anak-anak daerah terutama agar mereka memiliki keahlian dan siap pakai diperusahaan,” harapnya.

Yulianus  yakin kalau BLK difungsikan, anak-anak Kutim mereka bisa menguasai tehnologi yanga ada di lingkungan perusahaan sekelas KPC baik sebagai operator alat berat, mekanik, mekanik alat ringan termasuk tenaga ahli.

Karena kalau mereka sudah pintar dan menguasai tehnologi, maka Pemkab melakukan kerjasama dalam bentuk MoU dengan perusahaan yang ada di Kutim agar menggunakan putra-putri daerah sebagai karyawannya.

“Tidak perlu lagi mendatangkan tenaga dari luar kalau hanya menduduki posisi operator dan mekanik dan posisi lainnya yang tentunya sudah bisa dipegang anak-anak daerah,” sebut politikus Partai Demokrat ini.