oleh

Ketua DPRD Kutim, Mahyunadi Bacakan Ikrar Pancasila

Sangatta…Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) digelar dengan pelaksanaan upacara bendera di Makodim 0909/Sangatta, Senin, 1 Oktober 2018. Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Kutim Ismunandar dan diikuti sejumlah jajaran FKPD beserta istri seperti TNI, Polri, ASN dan juga Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D).

Selain mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila serta Pembukaan UUD 1945, dalam peringatan hari kesaktian pancasila tersebut juga dilakukan pembacaan Ikrar Pancasila. Ikrar ini dibacakan oleh Ketua DPRD Kutim, Mahyunadi.

Bunyi Ikrar tersebut adalah, Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya. Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Mahyunadi.

Sebelum upacara selesai, kelompok paduan suara terlebih dahulu menyanyikan lagu Andika Bhayangkari. Kemudian dilanjutkan dengan laporan akhir tanda upacara peringatan hari kesaktian pancasila selesai dilaksanakan.

Hdir dalam kesempatan itu, Dandim 0909/Sangatta Lekol Inf kamil Bahren Pasha, S.Sos, M.A, Danlanal Sangatta Letkol Laut Binsar Alfret Saipul Sitorus SE, Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan, SIK, Para Perwira Kodim, Perwira Lanal, perwira Polres, Ibu Persit, Ibu Jalasenastri dan para tamu undangan. (ADV)

Berita Terbaru