oleh

Bupati Kutim Sampaikan Penjelasan Rancangan KUA dan PPAS 2023

Sangatta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada kamis (14/7/2022) kembali menggelar Rapat Paripurna ke 19 tentang penyampaian nota penjelasan pemerintah mengenai rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2023 Kabupaten Kutai Timur.

Dalam Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kutim Joni, S.Sos serta di dampingi Wakil Ketua II DPRD Kutim Asti Mazar dan dihadiri 22 Anggota DPRD Kutim. Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan proyeksi anggaran KUA dan PPAS tahun anggaran 2023 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan bahwa pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp3.6 triliun, yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp. 227 milliar, pendapatan transfer sebesar Rp. 3.4 triliun serta pendapatan lain-lainnya sebesar Rp. 13 miliar.

“Sementara untuk belanja daerah pada tahun anggaran 2023, diproyeksikan mencapai Rp 4.163 triliun. Jika dibandingkan dengan pendapatan daerah, maka terjadi defisit sebesar Rp500 milliar,” Kata Ardiansyah Sulaiman saat membacakan penjelasan pemerintah mengenai rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2023.

Sementara untuk pembiayaan daerah pada rancangan kebijakan APBD serta rancangan prioritas dan plafon anggaran sementara APBD tahun 2023. Penerimaan pembiayaan direncanakan sebesar Rp. 500 milliar, sementara pengeluaran pembiayaan direncanakan sebesar Rp16,5 milliar.

“jika dibandingkan antara penerimaan pembiayaan dengan pengeluaran pembiayaan, maka terjadi surplus Rp 483,5 milliar yang dapat digunakan untuk menutupi defisit,” terangnya

Lebih Lanjut, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman juga menyampaikan jika seluruh tahapan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2023 mendatang, juga sudah menerapkan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 tahun 2019. (*/TK/ADV)

Berita Terbaru