DPRD Kutim Panggil SKPD, Matangkan Pembahasan APBD Perubahan Juli Mendatang

Kaltim, Parlementaria1450 Dilihat

SANGATTA. Lambatnya realisasi program di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menjadi sorotan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Pasalnya, jadwal pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan sudah di depan mata, yaitu di awal Juli mendatang.

Menghadapi hal tersebut, DPRD Kutim berencana memanggil SKPD yang programnya belum berjalan, seperti Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Perumahan dan Pemukiman Masyarakat (Disperkim), dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Kutim, Asti Mazar.

“Bahkan tidak menutup kemungkinan, kalau ada SKPD lain yang direkomendasikan komisi, untuk juga dipanggil karena program mereka belum jalan. Tapi yang kami tau, untuk sementara tiga SKPD ini yang belum jalan. Kami akan panggil mereka apa sebapnya program mereka belum jalan, sementara dalam waktu dekat sudah akan dilakukan pembahasan APBD perubahan,” jelas Asti Mazar belum lama ini.

Melalui pertemuan tersebut, DPRD ingin mengetahui alasan di balik lambatnya realisasi program SKPD. Apakah alasannya masih sama seperti tahun lalu, yaitu keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), atau ada kendala lain.

“Masak tahun lalu alasannya SDM, tahun ini masih sama lagi. Kan tahun lalu kami sudah wanti-wanti mereka tidak ada alasan SDM lagi, tahun depan. Kalau tahun ini alasannya masih sama, kami tidak tau lagi gimana,” tegas Asti Mazar.

DPRD berharap dengan pertemuan ini, kendala yang dihadapi SKPD dapat segera diatasi. Sehingga, pembahasan APBD Perubahan Juli mendatang dapat berjalan lancar dan program-program yang tertunda dapat segera terealisasi. (K/ADV)

Berita Terbaru