DPRD Kutim Setuju Naikkan Insentif Dokter Spesialis di Pedalaman, Tapi Harus Dipertimbangkan Matang

Kaltim, Parlementaria826 Dilihat

Sangatta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Yan SPD menyatakan dukungannya terhadap rencana pemerintah untuk memberikan insentif bagi dokter spesialis yang bertugas di pedalaman, seperti di Muara Bengkal, Sangkulirang dan Sandaran.

“Kami sepakat dengan adanya insentif bagi dokter spesialis, terutama yang bertugas di daerah terpencil seperti Muara Bengkal dan Sangkulirang, Sandaran,” ujar Yan saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Namun, Yan mengingatkan bahwa pemberian insentif tersebut perlu dipertimbangkan matang-matang agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial dengan aparat negara lainnya. “Kita harus berhati-hati agar profesi lain tidak menuntut perlakuan yang sama,” Kata Yan kepada media ini

Yan mencontohkan kasus tahun lalu ketika pemerintah memberikan insentif tinggi bagi guru PNS, yang kemudian memicu tuntutan dari guru PPPK karena gaji mereka jauh lebih rendah. “Kita perlu pertimbangan matang agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial,” tegas Yan

Lebih lanjut, Yan menambahkan bahwa insentif ini perlu dihitung dengan cermat agar tidak membebani keuangan daerah. “Banyak kebutuhan lain yang perlu dipenuhi. Kita harus adil dan tidak pilih kasih,” ujarnya.

Meskipun demikian, Yan mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan akses layanan kesehatan di daerah terpencil dengan menarik dokter spesialis untuk bertugas di sana. “Semoga insentif ini dapat meningkatkan minat dokter spesialis untuk mengabdi di pedalaman dan membantu masyarakat di sana.” harapnya. (*/ADV)

Berita Terbaru