Meluruskan Pemahaman Tentang Visi Misi dan Peran DPRD Kutim

Kaltim, Parlementaria1042 Dilihat

SANGATTA. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Yan Spd meluruskan pemahaman publik terkait visi misi dan peran DPRD Kutim. Ia menjelaskan bahwa memang benar DPRD tidak memiliki visi misi individual, namun bukan berarti tidak memiliki peran penting dalam pembangunan daerah.

Sesuai dengan Undang-Undang terbaru, DPRD merupakan bagian dari sistem pemerintahan daerah yang bertugas mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati. Visi misi tersebut telah disetujui bersama oleh DPRD dan menjadi landasan bagi pembangunan daerah.

“Jadi, dalam kampanye saya ditanya masyarakat apa visi misi dan program saya, saya jelaskan bahwa DPRD tidak memiliki visi misi dan program individual. Sebab, yang memiliki visi misi dan program pembangunan daerah adalah Bupati dan Wakil Bupati,” jelas Yan Spd.

DPRD, lanjut Yan Spd, memiliki peran strategis dalam menyerap aspirasi masyarakat dan menerjemahkannya menjadi program-program yang konkret. Melalui kegiatan reses dan berbagai mekanisme lainnya, DPRD turun langsung ke masyarakat untuk mendengarkan kebutuhan dan usulan mereka.

“Usulan-usulan dari masyarakat inilah yang kemudian menjadi program kerja DPRD. Kami perjuangkan aspirasi rakyat tersebut melalui berbagai jalur, termasuk dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” kata Yan Spd.

Ia menambahkan bahwa meskipun DPRD tidak memiliki kewenangan untuk melaksanakan program secara langsung, namun peran mereka dalam mengawasi dan mengevaluasi kinerja eksekutif sangatlah penting. DPRD memastikan bahwa program-program yang dijalankan oleh pemerintah daerah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan berpihak pada kepentingan rakyat.

“DPRD Kutim berkomitmen untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Kami akan terus bekerja sama dengan Bupati dan Wakil Bupati, serta seluruh elemen masyarakat, untuk mewujudkan Kutai Timur yang semakin maju dan sejahtera,” tegas Yan Spd. (*/ADV)

Berita Terbaru