Fraksi PPP Tekankan Pentingnya Menciptakan Rasa Aman Ditengah Masyarakat

SANGATTA – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyoroti pentingnya penanggulangan bahaya kebakaran dan ketertiban umum dalam pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kutai Timur. Dalam penjelasan yang disampaikan oleh Muhammad Ali, dalam Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-fraksi  Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Dan Penyelematan serta  Rancangan Peraturan Daerah Tentang Ketertiban Umum, senin (14/5/2024)

Fraksi PPP menegaskan bahwa penanggulangan bahaya kebakaran dan ketertiban umum merupakan urusan wajib Daerah yang berkaitan dengan pelayanan dasar sebagai urusan pemerintah di bidang ketentraman, ketertiban, dan perlindungan masyarakat.

Dalam sidang paripurna di DPRD Kutai Timur terkait Nota Pengantar Raperda Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran serta Nota Pengantar Raperda Ketertiban Umum, Fraksi PPP menekankan perlunya menciptakan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat untuk mendukung aktifitas sosial mereka.

Muhammad Ali menjelaskan bahwa pemerintah memiliki kewajiban untuk menjamin ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat sesuai dengan Pasal 12 ayat (1) huruf e Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.

Muhammad Ali juga menyoroti kebutuhan akan suasana tentram dan tertib sebagai kebutuhan dasar manusia baik secara individu maupun kelompok dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Karena itu, Fraksi PPP memberikan apresiasi terhadap perubahan Peraturan Daerah terkait Ketertiban Umum dengan menambahkan faktor sosiologis, politis, geografis, dan kemajuan teknologi untuk meningkatkan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Dengan dukungan Fraksi PPP, diharapkan pemerintah daerah dapat mewujudkan upaya konkret dalam penanggulangan bahaya kebakaran dan pemeliharaan ketertiban umum guna menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Kutai Timur. (*/ADV)

Berita Terbaru