Tanggapi Raperda Pencegahan Kebakaran, Fraksi Golkar Soroti Pentingnya Edukasi Masyarakat

Kaltim, Parlementaria982 Dilihat

Sangatta – Dalam Rapat Paripurna ke-23 Masa Sidang II tahun 2023-2024 pada Senin (14/5/2024) yang beragendakan penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi dalam DPRD Kabupaten Kutai Timur terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)  penanggulangan bahaya kebakaran dan ketertiban umum.

Fraksi Partai Golkar menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kutai Timur atas pengajuan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sekaligus, yaitu Raperda Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran serta Raperda Ketertiban Umum. Pandangan umum tersebut dibacakan oleh Arang Jau, menyoroti pentingnya upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tengah masyarakat yang semakin berkembang.

Fraksi Golkar menyatakan terima kasih atas penyampaian Raperda Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran, menganggapnya sebagai tanggung jawab pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Mereka menekankan bahwa kebakaran dapat merugikan masyarakat secara luas, baik dari segi harta benda maupun korban jiwa, serta memberikan dampak negatif pada lingkungan, terutama di lingkungan padat penduduk,” Ucapnya

Arang Jau, dalam penjelasannya, menegaskan pentingnya peran pemerintah daerah dalam edukasi masyarakat untuk mencegah bahaya kebakaran. Dia juga menyoroti perlunya reaksi cepat dan tepat dalam penanggulangan kebakaran untuk mencegah kerugian yang lebih besar. Menurutnya, faktor keakuratan peta situasi, sumber daya manusia terlatih, dan sarana prasarana yang memadai sangat diperlukan dalam penanggulangan kebakaran.

Karena itu, Fraksi Golkar mendorong Pemerintah Kutai Timur untuk terus memperbarui pemetaan kerawanan bencana kebakaran dan merumuskan rencana penanggulangan yang akurat dan terjadwal secara berkala.  “pentingnya kesigapan dan koordinasi yang baik antarinstansi dalam menghadapi potensi bahaya kebakaran guna melindungi harta benda dan nyawa warga.” Tutupnya  (*/ADV)

 

Berita Terbaru