Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Aman dan Lancar, Kapolda Kaltim Tinjau Kesiapan TPS di Kutim

Sangatta, – Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) Irjen Pol. Nanang Avianto bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke tiga tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada Selasa (13/2/2024). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan TPS menjelang pencoblosan Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada Rabu (14/2/2024).

Tiga TPS yang dikunjungi Kapolda Kaltim yaitu TPS 75 samping Graha Expo Bukit Pelangi, Desa Sangatta Utara, TPS 69 dan 70 di Pendopo Perumahan Munthe, Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara.

Dalam kunjungannya, Kapolda Kaltim didampingi oleh Bupati Kutim H. Ardiansyah Sulaiman, Wabup H. Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, para komisioner Bawaslu Kutim, dan para komisioner KPU Kutim.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, Kapolda Kaltim menyatakan bahwa seluruh TPS yang dikunjunginya telah siap untuk melaksanakan pencoblosan.

“Alhamdulillah, dari survei tadi kita melihat semua kesiapan Pemilu di TPS sudah lengkap, Insya Allah,” kata Irjen Pol. Nanang Avianto.

Dijelaskannya, Kesiapan TPS ini meliputi, Kelengkapan logistik pemilu, Petugas KPPS yang terlatih, Keamanan TPS yang terjaga, Imbauan kepada Masyarakat. Selain itu, Kapolda Kaltim juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim, khususnya masyarakat Kutim, untuk menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan.

“Kami memberikan jaminan agar di Pemilu secara luas di Kaltim, terkhusus di Kutim, bahwa semuanya akan berjalan dengan lancar dan aman,” ungkapnya.

Menanggapi potensi banjir di Sangatta Kutim yang dapat mengganggu kelancaran pemilu, Kapolda Kaltim menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan dan persiapan.

“Kami sudah memetakan permasalahan baik persolan banjir maupun bencana alam lain. Bahkan kami pun sudah menyiapkan tim baik dari jajaran Polres, Kodim, Lanal Basarnas daerah hingga pihak yang bersangkutan,” ujar Irjen Pol. Nanang Avianto.

Pihaknya juga telah menyiapkan peralatan dan melibatkan pihak swasta untuk membantu mengatasi hambatan yang mungkin terjadi.

“Saya ingatkan juga, faktor cuaca tidak hanya masyarakat, tapi seluruh petugas pun yang sedang bergeser ke TPS baik Polda, Polres hingga Polsek pastikan domestiknya. Intinya kami siap mengatasi semua permasalahan,” tutupnya.

Berita Terbaru