PAD Kutai Timur Naik Rp 700 Miliar Berkat Pabrik Semen

Kabareatm.com, Sangatta – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) diperkirakan akan naik hingga Rp700 miliar pada tahun 2024. Kenaikan PAD tersebut didorong oleh berbagai potensi sumber PAD baru, salah satunya adalah dari pabrik semen PT Kobexindo.

Wakil Ketua DPRD Kutim Arfan mengatakan, pabrik semen PT Kobexindo akan menjadi salah satu sumber PAD baru yang menjanjikan. Pabrik semen tersebut akan dikenakan retribusi atas bahan bakunya, seperti pasir dan batu.

“Sumber PAD kita kan banyak. Yang bagus ini adalah pabrik semen. Terutama dari bahan bakunya. Kalau terealisasi itu Januari sudah jalan,” kata Arfan kepada sejumlah awak media belum lama ini

Menurut Arfan, nilai retribusi bahan baku semen diperkirakan Rp50-60 ribu per ton. Nilai tersebut tidak akan memberatkan perusahaan, karena memang merupakan permohonan dari perusahaan.

Sebelumnya, dalam rancangan APBD Kutim tahun 2024 yang diajukan pemerintah ke DPRD Kutim disebutkan akan ada kenaikan PAD hingga sekitar Rp500 miliar. Jika selama ini PAD Kutim hanya berkisar Rp200-250 miliar, untuk tahun depan akan naik jadi Rp700 miliar lebih. Akibatnya, RAPBD Kutim tahun akan datang senilai Rp 9,1 Triliun, dari kesepakatan awal pemerintah dan DPRD senilai Rp8,5 Triliun. Kenaikan PAD Kutai Timur tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah. (*/ADV)

Posting Terkait

Berita Terbaru

Berita Terbaru