Semarakkan Ramadhan, SMSI dan PWI Kutim Gelar Lomba Cerdas Cermat di Ponpes Ibnu Katsir

Kutai Timur -Kutim2272 Dilihat

SANGATTA- Untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 2023, pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kutim bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kutim, dan Ikhwah Peduli mengadakan lomba cerdas cermat.

Dengan tema keislaman, organisasi yang di bawah naungan Dewan Pers tersebut mengelar di Pondok Pesantren Ibnu Katsir Desa Sangatta Utara Kecamatan Sangatta Utara Kutim.

Dua organisasi nasional ini tak terlibat langsung dalam lomba. Akan tetapi hanya mendukung dana berupa hadiah untuk para santri. Selanjutnya diserahkan kepada panitia Ponpes Ibnu Katsir.

Dikatakan Ketua SMSI Kutim, Dedy Al Kutimi lomba berlangsung selama dua hari. Yakni Hari Senin sampai Selasa, (27-28/03/2023). Lomba tersebut melibatkan anak-anak pondok tingkat SMP atau MTM. “Acara dimulai sebelum berbuka puasa,” ujar Dedy.

Dalam perlombaan, peserta dibagi menjadi 6 kelompok. Masing-masing regu berkisar 4 dan 5 orang. Keenam regu akan bertanding secara langsung. Juri akan memilih tiga regu terbaik untuk masuk final.

“Untuk finalnya Hari Selasa 28 Maret 2023 sebelum buka puasa bersama di Masjid Al Abror Ponpes Ibnu Katsir. Sekaligus penyerahan hadiah lomba,” katanya.

Adapun nama-nama regu yang akan bertanding ialah Jubair Bin Awwam, Ammar Bin Yasir, Saat bin Abi Waqqosh, Bilal bin Rabah, Muad bin Jabal, Wahsyi bin Harb.

Ketua PWI Kutim, Ibnu Djuraid mendukung penuh kegiatan lomba antara SMSI dan PWI Kutim. Apalagi di momen bulan Ramadan. Tentu saja hal itu bernilai positif bagi organisasi terlebih untuk para santri.

“Tak hanya menggelar lomba di pondok pesantren, kita juga selalu mengadakan buka puasa bersama dan berbagi takjil untuk masyarakat. Ini sudah menjadi agenda rutin kami,” katanya.

Dia berharap kegiatan demikian terus berlanjut pada Ramadan-ramadan selanjutnya. Yang mana diketahui, media atau wartawan tak hanya fokus pada menulis akan tetapi dapat terlibat dalam semua kesempatan.

“Jadi peran media berada di semua sisi. Baik sosial, keagamaan, pendidikan, dan lain sebagainya,” katanya. (*)

Berita Terbaru