oleh

Bakal Jadi Sentra Aren Genjah, Ranpul Siapkan  Lahan 200 Hektar

RANPUL – Tanam perdana bibit aren genjah bersama Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Forkopimda dan Kelompok Tani (Poktan) Kutai Benu Desa Rantau Makmur digelar di Desa Rantau Makmur Kecamatan Rantau Pulung (Ranpul), Senin (13/3/2023).

Untuk diketahui, lahan yang ditanami aren genjah seluas 200 hektare. Momen penanaman secara simbolis dari Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman turut disaksikan Seskab Rizali Hadi, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Dyah Ratnaningrum, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Muhammad Muhir, Ketua DPRD Joni, Kepala Bappeda Noviari Noor, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Misliansyah, Kepala Diskop UKM Darsafani, Kepala Desa Desa Rantau Makmur Satino dan para anggota Poktan Kutai Benu.

Dalam kesempatan itu, Kepala UPT Pertanian Ranpul Najib memaparkan kepada Bupati Kutim jika luasan lahan yang akan ditanami pihaknya seluas 200 hektare. Lahan ini akan dikelola langsung oleh anggota Poktan yang ada di Ranpul. Nah, Poktan ini sudah terbentuk dari tahun 2016 dan dipercaya menanam karena sudah mendapat legalitas dari DTPHP Kutim.

“Komoditas tanaman yang akan kami tanam terdiri dari kelapa sawit, aren genjah, pinang dan tanaman pisang. Sementara untuk holtikultura terdapat durian dan rambutan,” bebernya.

Terakhir, ia menegaskan tujuan dari penanaman ini yakni harapannya Ranpul menjadi salah satu daerah sentra produksi ketersediaan pangan ibu kota nusantara (IKN).

“Ini menjadi motivasi kami dan kita siap bekerja maksimal mengembangkan komoditas pertanian di Ranpul,” tutupnya.(kopi9/kopi13/kopi3)

Berita Terbaru