Berencana Bangun Terminal Terpadu, Dishub Kutim Incar Lahan di Tiga Titik

Sangatta – Dinas Perhubungan Kutai Timur (Kutim) mengaku kini sedang mencari lahan untuk pembangunan terminal Tipe C, atau terminal dalam kota dengan lahan minimal 2 hektara. Demikian diungkapkan PLT kepala Dinas Perhubungan Kutim Joko Suripto, didampingi Kabid Darat Insan Bowo Asmoro.

“Terminal di kilo I, dulu itu terminal Tipe C. Naik kelas jadi Tipe B, sekaranag masuk kewenangan provinsi. Akibatnya, Kutim tidak ada lagi kewenangan di sana. Sekarang  tidak ada terminal Tipe C, yang memang jadi kewenangannya  Kutim. Karena itu, kita akan bangun terminal tipe C,” katanya saat ditemui di Ruang Kerjanya

Diakuinya, dalam Rentra Dinas Perhubungan, dalam dua tahun ke depan, di periode kepemimpinan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan Wakilnya Kasmidi Bulang, akan dibangun terminal tipe C.

“Terminal Tipe C ini peruntukannya untuk terminal angkutan kota. Dari survey yang telah dilakukan,  akan dicari lahan di sekitar ring road, untuk lokasi terminal. Luasnya minilal 1 hektare, tapi Dishub berusaha mencari lahan seluas 2 hektare, karena tujuannya akan dibangun terminal terpadu.

Terminal terpadu karena nantinya di lokasi itu juga akan digunakan untuk uji kir, agar lebih dekat,”Jelasnya

Dijelaskan, lokasi uji kir yang ada di Jalan menuju Bengalon akan dipindahkan karena memang terlalu jauh. Selain itu, lokasinya tidak baik, karena berada di tebing, sehingga perlu direlokasi. Jika nanti telah dibangun terminal terpadu, maka uji kir akan di telokasi  ke terminal, sementara lokasi yang ada sekarang akan digunakan untuk workshop  atau bengkel perbaikan kendaraan.

“Selain jadi terminal angkutan kota, lokasi uji kir, nantinya mobil perusahan yang tidak memiliki lahan parker juga bisa parker di sana,”Terangnya

Meskipun telah memikirkan untuk membeli lahan untuk lokasi terminal, namun diakui belum menyiapkan anggaran untuk itu.

“Kalau lokasinya sudah ada, sudah ditaksasi, maka bisa dianggarkan. Kami berharap tahun depan ini bisa direalisasikan,” Harapnya (*)

Berita Terbaru