Rata-Rata Warga Miskin di Kutim Tak Punya BPJS, Karena Tak Punya KTP dan KK

Sangatta…Meski pemerintah terus gencar menyosialisasikan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS kesehatan, namun nyatanya hingga kini masih banyak warga yang tergolong miskin di Kutim tidak mengetahui hal itu. Bahkan hingga kini masih ada yang belum mendapatkan Kartu Jaminan Kesehatan dari pemerintah.

Terbukti seperti yang dialami salah satu masyarakat kutim yang tergolong masyarakat miskin dan harus melaksanakan operasi persalinan di Rumah Sakit Umum Daerah Kudungga Sangatta. Namun karena warga yang bersangkutan ternyata tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, sehingga pihak rumah sakit sempat kebingungan jika menerima dan melakukan tindakan medis. Pasalnya tidak ada yang bisa menjamin atau menanggung pembiayaan medis yang nantinya dikeluarkan. Sehingga tak jarang, kasus seperti ini langsung mendapatkan penanganan serius dari Dinas Sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kutai timur Jamiā€™atul Daik mengatakan rata-rata warga yang tergolong miskin di Kabupaten Kutai Timur belum memiliki Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS kesehatan, karena sebagian warga tersebut belum memiliki Kartu Tanda Penduduk maunpun Kartu Keluarga. pada hal jauh sebelumnya telah di sosialisasikan hingga ke tingkat RT .

Lebih lanjut, Meski bengitu, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur mengakui tetap berkomitmen untuk memberikan jaminan sosial dan kesehatan bagi warga yang terbilang miskin di Kutai Timur, baik yang sudah memiliki kartu tanda penduduk domisili kutim, maupun bagi masyarakat yang belum memiliki KTP Kutim.

Berita Terbaru