Satpol PP Kutim Sikat PKL Bandel !

SANGATTA-Jajaran Satpol PP Kutai Timur (Kutim) dibawah komando pelaksana tugas (Plt) Kasatpol PP Kutim Didi Herdiansyah melakukan gebrakan nyata dalam penertiban PKL yang masih bandel berjualan di atas trotoar. Turun bersama puluhan anggotanya, Satpol PP Kutim langsung mengobok-ngobok kios PKL di sepanjang Jalan Yos Sudarso I dan IV sekitar pukul 10.00 wita, Kamis (13/6/2019).

Dikatakan Didi, target menyasar PKL buah dan BBM yang menjajakan barang dagangannya yang seharusnya tidak boleh yaitu berjualan diatas trotoar sudah menyalahi aturan estetika lingkungan. Disisi lain beberapa PKL disinyalir ada yang nekat memasang rak BBM hingga menjorok ke tepi jalan.

“Seharusnya mereka sudah tahu jangan berjualan di atas trotoar, kami sudah memberikan teguran keras sebelumnya lewat  surat imbauan pada 239 PKL di Sangatta yang ada di sepanjang Jalan Yos Sudarso I dan IV, mulai dari kawasan Sangatta Lama sampai Sangatta Baru. Ini sudah aturan yang dibuat oleh pemerintah, untuk itu pedagang harus patuh  pasalnya trotoar ini digunakan untuk pejalan kaki,” ungkapnya.

Ditambahkan Didi, kegiatan penertiban ini merupakan tindak lanjut dari  imbauan yang sudah disebarluaskan, sebulan sebelumnya. PKL yang tidak menggubris imbauan pemerintah, terpaksa ditindak.

“Kan sudah diberi kesempatan selama tujuh hari agar bisa memindahkan dagangan mereka yang berada di atas trotoar. Nah, bila waktu deadline ini sudah ditentukan tidak ada inisiatif untuk berpindah, ya kami otomatis melakukan peringatan. Tiga hari peringatan tak juga dipatuhi, maka terpaksa dilakukan penindakan sesuai Perda nomor 17 tahun 2013 tentang pedagang kaki lima,” tambahnya.

Dengan penertiban ini, dirinya berharap Pemkab Kutim ingin mengembalikan fungsi estetika trotoar yang enak dipandang sebagai tempat untuk pejalan kaki. Sehingga perwajahan Kota Sangatta tak semrawut dan nyaman.

“Karena tinggal menghitung hari, Kutim akan menjadi tuan rumah event besar yaitu HKG PKK, BBGRM, dan TTG tingkat Provinsi Kaltim. Untuk itu Sangatta tengah bersolek mempercantik lingkungan untuk menyambut tamu dari 9 Kabupaten/Kota,” tutupnya. (hms13)

Berita Terbaru