oleh

Seskab Kutim Wakili Bupati Hadiri Peresmian KEK MBTK di Manado

MANADO- Setelah beberapa kali tertunda, akhirnya Presiden RI Joko Widodo meresmikan sejumlah proyek strategis nasional dan daerah di Sulawesi Utara (Sulut), Maluku dan Kalimantan Timur (Kaltim). Peresmian digelar di Bandara Sam Ratulangi, Kota Manado disaksikan ratusan undangan, Senin (1/4/2019).

Proyek yang diresmikan Presiden Jokowi yakni Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung (Sulut), KEK Morotai (Maluku), KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Di Sulut, Jokowi juga meresmikan Rusun UKIT Kota Tomohon, dan Rusun IAIN Manado. Malam sebelumnya, Presiden lebih dulu menghadiri acara penutupan Konfrensi Gereja dan Masyarakat (KGM) ke-X Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia, Minggu (31/3/2019) malam.

Sedianya, peresmian ini ikut dihadiri Bupati Kutim Ismunandar selaku Wakil Ketua Dewan KEK Kaltim. Sesuai mandat Ketua Dewan KEK Kaltim yang juga Gubernur Kaltim Isran Noor yang berhalangan hadir. Namun apa daya, Bupati pun gagal mengikuti prosesi bersejarah tersebut dikarenakan ayahanda Bupati berpulang ke pangkuan ilahi, Minggu (31/3/2019) malam. Pada akhirnya Sekretaris Kabupaten (Seskab) Kutim Irawansyah yang ditugasi mewakili Pemprov Kaltim dan Kutim untuk mengikuti acara peresmian.

Peresmian berlangsung singkat, jelang pukul 09.00 wita dan berakhir sekitar 09.30 wita. Presiden Jokowi datang didampingi sang Isteri Ny Iriana Jokowi. Beberapa Menteri Kabinet seperti Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung disertai pengawalan ketat Paspampres. Gubernur Sulut juga terlihat mendampingi. Momen tersebut diliput oleh ratusan awak media. (hms3/*)

Berita Terbaru