oleh

Ismunandar Akui Dukung Pembentukan DOB Kabupaten Sangkulirang

Sangatta. Rencana deklarasi pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Sangkulirang, yang rencananya dilaksanakan, Kamis (28/2) mendatang, mendapat apresiasi positif dari Bupati Kutai Timur, Ismunandar. Bahkan putra asli daerah Sangkulirang ini, secara pribadi mengaku mendukung penuh pembentukan DOB Kabupaten Sangkulirang.

Ditemui awak media usai memimpin kegiatan Coffee Morning di lingkungan Pemerintah Kutai Timur, siang tadi, Ismunandar mengatakan jika wacana pembentukan DOB Kabupaten Sangkulirang sudah ada sejak lama, sebelum terbentuknya Kabupaten Kutai Timur. Bahkan pengajuan DOB Kabupaten Sangkulirang juga sudah pernah diusulkan di DPRD Kutim. Namun karena berbagai alasan dan masih minimnya kajian, usulan DOB Kutai Utara yang kemudian lebih mencuat dan diperjuangkan hingga ke pusat.

Selain itu, sebagai sebuah kabupaten yang memiliki luasan wilayah yang sangat besar, maka wajar saja jika kedepan Kutim akan terbagi mejadi beberapa kabupaten. Tentunya hal ini akan sangat mempengaruhi dalam aspek pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah. Sebab dengan adanya DOB, maka otomatis akan ada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan pada daerah baru tersebut. Selain itu, dirinya juga menilai Sangkulirang sebagai daerah pesisir juga memiliki potensi dan sumber daya daerah yang tidak kalah besarnya dan bisa diandalkan untuk menopang sebuah kabupaten.

Ditambahkan Ismu, sebagai putra daerah asli Sangkulingan, dirinya sangat mendukung usulan untuk pembentukan DOB Kabupaten Sangkulirang. Apalagi hal tersebut sudah menjadi suara dan aspirasi mayoritas masyarakat dan tokoh di Sangkulirang. Namun tentunya Ismu juga mengingatkan, jika pembentukan DOB sangkulirang perlu kajian yang sangat mendalam. Terlebih hingga saat ini pemerintah pusat masih menerapkan moratorium terkait DOB. Sehingga pembentukan DOB Kabupaten Sangkulirang masih memerlukan perjuangan dan dukungan dari semua pihak.

Berita Terbaru