Tuntut Kesejahteraan, Puluhan Pekerja PT SRS Padati Kantor Bupati

Sangatta…Sejumlah buruh dari PT Sabhantara Rawi Sentosa atau SRS yang tergabung di dalam Serikat Pekerja Nasional atau SPN menggelar aksi unjuk rasa di halaman kantor Bupati Kutim. Dalam tuntutannya para buruh meminta pemerintah turun tangan terhadap peningkatan kesejahteraan para buruh sawit di Kutim. Tak berselang beberapa lama kemudian Bupati Kutim Ismunandar langsung menemui sejumlah pengunjuk rasa.

Di hadapan Bupati Kutim Ismunandar Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional Kutai Timur, Protus langsung menyampaikan beberapa persoalan yang di hadapi buruh di Kutim yang selama ini dirasakan sebagai buruh perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Tuntutan yang diutarakan, di antaranya mendesak Pemkab Kutim untuk memanggil pimpinan PT Sabhantara Rawi terkait tanggung jawab atas pelanggaran hak normatif para karyawan, mendesak pemberlakukan upah sektoral perkebunan segera dijalankan. Serta meminta Pemkab Kutim membantu menolak upah murah dan sistem kerja target, serta melakukan evaluasi total terhadap perusahaan-perusahaan kelapa sawit di Kutim.

Sementara itu dilokasi yang sama Bupati Kutim Ismunandar mengakui demi memenuhi keinginan sejumlah buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional, pihaknya akan segera memanggil pimpinan PT Sabhantara Rawi Sentosa untuk melakukan mediasi antar kedua belah pihak. Terutama menyelesaikan persoalan apa yang menjadi tuntutan para pengunjuk rasa.

Lebih lanjut, Ismunandar berharap agar persoalan yang dihadapi para buruh PT Sabhantara Rawi Sentosa bisa segera teratasi. Sehingga kedepan permasalahan perburuan di Kutim seluruhnya bisa diselesaikan.

Posting Terkait

Berita Terbaru

Berita Terbaru