Jauh Dari Pelayanan Kesehatan, Warga Wahau Minta Dibangunkan Rumah Sakit

Parlementaria65 Dilihat

Sangatta…Kecamatan Muara Wahau, termasuk salah satu kecamatan di Kutim, yang cukup jauh. Untuk menuju ke sana, setidaknya dibutuhkan waktu 4-5 jam menggunakan kendaraan.

Karena jauhnya,  saat reses yang dilakukan anggota DPRD Kutim Arang Jau,  warga sekitar kecamatan Muara Wahau dan Kombeng mengusulkan agar dibangunkan  Rumah Sakit Tipe D.  Meskipun sebenarnya, di sana, sudah ada Puskesmas 24 jam,  termasuk punya ruang rawat inap, namun itu belum cukup, karena untuk kondisi darurat, seperti pasien yang perlu operasi, maka  itu tidak mungkin dilakukan di Puskesmas.

“jadi mereka minta agar puskesmas itu ditingkatkan ke rumah sakit, minimal rumah sakit tipe D. Sebab dengan rumah sakit, maka dipastikan, sudah bisa melakukan tindakan operasi ringan , sehingga masyarakat tidak perlu ke Sangatta,” katanya.

Arang Jau mengatakan,  perlunya rumah sakit ini karena jarak ke Sangatta yang terlalu jauh.  Dengan waktu tempu sekitar 4-5 jam, maka dikhawatirkan  saat pasien  yang membutuhkan operasi  harus dilarikan ke Sangatta, maka bisa jadi terlalu beresiko. Untung kalau perjalanan  lancar, namun kalau di jalan ada masalah, maka  bisa jadi pasien  habis ditengah jalan. “Jadi ini keinginan masyarakat, agar rumah sakit juga ada di Wahau, untuk melayani masyarakat yang terus bertambah,” katanya.

Bukan hanya rumah sakitnya,   tapi juga perlu ambulance. Sebab di sana,  hanya ada satu ambulance.  Karena jumlahnya terbatas,  tentu tidak cukup melayani warga di dua kecamatan itu. “Makanya,  karena tahun lalu saat saya reses masalah itu sudah diusulkan,  makanya  tahun ini saya bantu mereka dengan satu ambulance. Mudah-mudahan,  pemerintah juga mengalokasikan satu  ambulance pengadaan tahun ini di Dinas kesehatan, agar makin banyak  ambulance melayani warga di sana,” harap Arang Jau.

Berita Terbaru