PMR Kutim Perlu Dukungan Penuh Pemerintah dan Masyarakat

Parlementaria55 Dilihat

Sangatta. Sebagai ujung tombak di masyarakat, Palang Merah Remaja (PMR) yang berada dibawah binaan Palang Merah Indonesia (PMI) memiliki peran penting dalam upaya pertolongan dan penanganan pertama dalam setiap peristiwa kecelakaan maupun bencana di sebuah lingkungan masyarakat.

Karenanya, pembinaan dan pengembangan PMR perlu mendapat perhatian dan dukungan penuh dari pemerintah maupun masyarakat. Demikian diungkapkan Ketua DPRD Kutai Timur (Kutim), Mahyunadi saat membuka kegiatan Red Cross Independent of Art Competition (RCIAC) II Tingkat Kutim, tingkat SD hingga SMA se Kutim, belum lama ini.

Dikatakan, pemerintah kabupaten maupun masyarakat perlu memberikan perhatian khusus dan dukungan penuh kepada setiap kegiatan organisasi kepemudaan yang mempunyai tujuan dalam pengembangan bakat remaja dan kepemudaan.

Salah satunya adalah PMR, yang merupakan organisasi kemanusiaan yang menjadikan  remaja sebagai ujung tombak dalam memberikan pertolongan pertama pada sebuah bencana dan musibah di sebuah lingkungan masyarakat. Minimal di lingkungan rumah tangga maupun sekolah.

Lanjutnya, pembinaan yang dilakukan PMI Kutim terhadap seluruh PMR di Kutai Timur merupakan investasi yang besar terhadap remaja sebagai asset bangsa. Sebab, pembinaan yang dilakukan PMI tersebut tidaklah instan. Namun akan sangat besar dirasakan manfaatnya pada puluhan tahun kedepan.

Generasi muda yang telah terdidik baik secara mental dan fisik, mampu menghadapi perubahan dunia khususnya di era milenial ini, sehingga menjadi individu yang siap pakai dan siap terjun ke masyarakat. Selain itu, generasi muda saat ini kelak akan menjadi individu-individu yang akan menentukan arah pembangunan Kutim dan Indonesia.(Adv)