DPRD Dukung Pemkab Minta Perusahaan Utamakan Rekrut Tenaga Lokal

Parlementaria33 Dilihat

Sangatta…Setelah adanya wacana pemerintah Kabupaten Kutai Timur untuk meminta sejumlah Perusahaan yang beroperasi di wilayah Kutim, untuk lebih memprioritaskan tenaga kerja lokal. Langkah tersebut nampaknya mendapatkan dukungan dari Anggota DPRD Kutim Angga Redi.

Menurut Angga Redi demi membantu pemerintah Kabupaten Kutai Timur untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Kutai Timur, Anggota DPRD Kutim juga menyarankan pihak perusahaan untuk lebih memprioritaskan menerima  tenaga kerja lokal.

Pasalnya, saat ini angka pengangguran di Kutim juga mulai terbilang tinggi. Untuk mensiasati permasalahan tersebut menurut Angga Redi yang merupakan Ketua Komisi D memandang perlu, pihak perusahaan yang beroperasi di wilayah Kutim untuk lebih memprioritaskan menerima tenaga kerja lokal, ketimbang berasal dari luar daerah Kutim.

“ Jika pihak perusahaan baik perusahaan pertambangan maupun perkebunan, melakukan rekrutmen tenaga kerja lokal, maka secara otomatis ekonomi masyarakat setempat juga terangkat”. Ucapnya kepada sejumlah awak media.

Meski demikian Redi negakui jika mekanisme perekrutan tenga kerja lokal oleh pihak perusahaan juga tetap harus mengutamakan skill atau keahlian calon pekerja di bidangnya masing-masing. Sehingga pihak perusahaan juga tidak mengalami kerugian.

“Kita yakini bahwa di Kutai Timur ini masih banyak tenaga-tenaga kerja kita yang cukup ahli diberbagai bidang tapi belum maksimal diserap oleh pihak perusahaan”.Tuturnya (ADV)