Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Pengembangan BUMDes

Parlementaria109 Dilihat

Sangatta. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kutim, khususnya di yang menetap di Perdesaan. Anggota Komisi B DPRD Kutim dari Fraksi PDI-P, Yusuf T Silambi berharap agar  pertumbuhan ekonomi masyarakat desa dapat disupport melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Menurutnya BUMDes salah satu  pilar kesejahteraan untuk masyarakat. Pasalnya, Bumdes  didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat desa guna bergotong royong dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat.

“BUMDes memiliki peran yang cukup besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa, bila dikelola secara baik, karena bisa berperan dari hulu hingga hilir,”ucap Yusuf.

Menurutnya, Pemkab kutim dapat mengembangkan BUMDesa bersama perusahaan yang ada di Kutim. Kedepan diharapkan dengan adnaya sinergitas tersebut dapat menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa.

Dia berharap Pemkab dan masyarakat desa dapat menjaga aset yang sudah diberikan dan dapat mengembangkan dan mengelola BUMDes dengan baik. Sehingga kepercayaan dari perusahaan dan Pemerintah Daerah dapat tumbuh untuk pengembangan.

“Sinergitas antara pemerintah daerah dan perusahaan untuk membangun Kutim, baik fasilitas ataupun perekonomian, harus terjalin dengan harmonis antara perusahaan, masyarakat dan Pemkab menuju Kutim yang lebih baik,” pungkas politisi PDI Perjuangan tersebut. (ADV)