Cegah Karhutla, Disbun Dorong Perusahaan Perkebunan Tingkatkan Kewaspadaan

Sangatta…Demi mengantisipasi terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Kabupaten Kutai Timur, jelang musim kemarau pajang. Kepala Dinas Perkebunan M. Alfian terus mendorong seluruh perusahaan perkebunan yang beroperasi di Kutim, agar selalu meningkatkan keawaspadaan serta tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan.

Menurut M. Alfian meski pihaknya tidak memiliki andil besar dalam mencegah kerhutla. Namun pihaknya terus mendorong perusahaan perkebunan yang ada diwilayah Kutim untuk terus menjaga lahan perkebunannya sehingga bisa terhindar dari kebakaran hutan, yang dapat merugikan perusahaan itu sendiri.

Selain itu, untuk mencegah karhutla di beberapa tempat di Kutim, saat ini melalui dinas Perkebunan juga telah membentuk kelompok masyarakat peduli api di 8 Kecamatan. terutama di kawasan yang di anggap rawan karhutla.

Lebih lanjut, Alfian menambahkan meski saat ini masih musim penghujan, namun kewaspadaan terhadap kebakaran hutan dan lahan perlu terus ditingkatkan. sehingga tingkat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Berita Terbaru