Rusmadi Mencairkan Hubungan Petinggi PDI Perjuangan Kubar

Kutai Barat121 Dilihat

Kutai Barat…Ada cerita menarik di balik “roadshow” Rusmadi Wongso ke ‘kandang Banteng’ di Kutai Barat, pekan lalu (6/2/2017).  Kehadiran calon kandidat Gubernur Kaltim periode 2018-2023 itu berhasil mencairkan hubungan dua orang tokoh masyarakat di daerah itu.

Dua tokoh itu adalah Ismael Thomas, mantan Bupati Kubar dan Bupati Kubar periode sekarang FX Yapan. Sejak Pilkada beberapa waktu lalu publik di sana mengetahui adanya ketegangan hubungan keduanya.

“Jarang-jarang Pak Yapan dan Pak Thomas berada dalam satu acara. Selama ini kita tau lah hubungan mereka tak begitu harmonis,” cerita Ronal, salah seorang warga di Sendawar Kubar.

Ismael Thomas adalah Ketua Partai PDI Perjuangan Kubar, sedangkan FX Yapan kini Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC PDI Perjuangan. Saat Pilkada keduanya berseberangan.

Rusmadi Wongso yang berpasangan dengan Safaruddin disambut antusias oleh para petinggi dan kader PDI Perjuangan Kubar. Bahkan mereka berdatangan dari desa dan kecamatan, walau hanya sekedar ingin berkenalan dengan bakal calon gubernur Kaltim.

FX Yapan dan Ismael Thomas meyakinkan Rusmadi kalau Kutai Barat bakal solid untuk memberikan suaranya kepada pasangan yang diusung PDIP dengan Hanura ini.

“Delapan puluh persen untuk Pak Rusmadi-Safaruddin,” ucap FX Yapan. Untuk meraih dukungan besar tersebut, dia segera membentuk tim khusus yang turun sampai ke pelosok desa.

“Kami akan rapat, bentuk tim untuk menyatukan kekuatan. Kami akan kepung semua daerah di Kubar. Jadi tidak ada celah. Kita kepung atas bawah, kiri kanan, dan luar dalam. Kita door to door,” kata Yapan.

Hal menarik lainnya, Yapan memberikan nasehat kepada Rusmadi agar lebih intensif bersosialisasi untuk tiga daerah Kutai Kartanegara, Balikpapan dan Samarinda. Ketiga daerah itu menurutnya memiliki jumlah suara yang besar, sehingga memerlukan energi yang lebih besar juga.

“Kalau Kubar ini tidak berat. Pak Rusmadi cukup sekali dua kali ke sini. Tapi Bapak harus aktif di Tenggarong, Samarinda dan Balikpapan saja,” kata dia.

Sementara,  Ismail Thomas mengingatkan pasangan Rusmadi-Safaruddin untuk mengatasi masalah perekonomian daerah. Dia punya harapan Rusmadi mampu menggairahkan kembali perekonomian daerah.