oleh

Disdik Terima Kunjungan DPRD Kaltim

-Berau-839 views

Berau…Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Berau menerima kunjungan kerja DPRD Provinsi Kaltim, Kamis (12/4). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Disdik Berau Basri Sahrin dan didampinggi pejabat lainnya.

Kunjungan ini pun dimanfaatkan Disdik untuk menyampaikan beberapa persoalan yang dihadapi dalam peningkatan dunia pendidikan di Bumi Batiwakkal. Salah satu hal utama yang disampaikan terkait kewenangan yang saat ini telah beralih ke Pemerintah Provinsi akibat diberlakukannya Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Dimana saat ini Disdik kabupaten/kota tidak lagi memiliki kewenangan dalam penanganan jenjang pendidikan SMA/sederajat.

Berbagai persoalan pun timbul akibat peralihan kewenangan ini. Meskipun telah diberlakukan selama beberapa tahun terakhir, namun masih banyak persoalan yang terjadi di lapangan yang terjadi. “Kita tetap tidak bisa lepas begitu saja. Meskipun ini sudah jadi kewenangan provinsi tapi kita tetap memiliki tanggung jawab dalam peningkatan dunia pendidikan di Berau ini. Apalagi yang menempuh pendidikan ini merupakan generasi penerus daerah,” jelas Kepala Disdik Berau, Basri Sahrin usai kunjungan.

Ia mengatakan banyak hal yang disampaikan kepada DPRD Provinsi agar diteruskan dan diperjuangkan kepada Pemerintah Provinsi Kaltim. Usulan yang disampaikan seperti pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Disdik Provinsi Kaltim di Berau. Menurutnya, dengan adanya UPTD ini bakal membantu dalam percepatan program pembangunan dunia pendidikan. “Kalau ada perwakilan provinsi di sini kan lebih cepat dalam hal koordinasi dan penyelesaian persoalan yang ada. Tentu kita harap bisa secepatnya dibentuk UPTD di sini,” katanya.

Selain itu, Basri juga menyampaikan terkait tenaga pengajar yang dimiliki di Berau. Dengan adanya kewenangan yang beralih ini, Disdik Berau saat ini tidak lagi bisa melakukan penambahan tenaga pengajar. Padahal cukup banyak tenaga pengajar yang bakal memasuki usia pensiun dalam beberapa tahun kedepan. “Ini menjadi perhatian kita bersama terkait kesejahteraan dan keberlangsungan tenaga pengajar yang ada,” tegasnya.

Sementara Rita Artati Barito, anggota Komisi IV DPRD Kaltim menyampaikan bahwa berbagai usulan yang disampaikan ini akan diteruskan kepada pemerintah provinsi. Tentu ini menjadi perhatian bagi wakil rakyat untuk memperjuangkan dunia pendidikan. “Nanti akan kita undang Dinas Pendidikan Kaltim untuk membahas persoalan yang ada di daerah dan apa yang bisa menjadi solusi,” katanya. (hms5)

Berita Terbaru