Membangun Masa Depan Hijau Kutai Timur Bersama, Kutim Gelar FGD RPPLH 2024-2054

Sangatta- Focus Group Disceussion (FGD) Tahap Satu dala penyusunan Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (RPPLH) Kabupaten Kutai Timur(Kutim) Tahun 2024 – 2054 di Ruangan RCC Hotel Royal Victoria pada tanggal 20/6/2024.

Tujuan utama dari FGD ini adalah untuk mengumpulkan masukan dan pendapat dari berbagai stakeholders terkait upaya perlindungan lingkungan hidup di Kabupaten Kutim dalam kurun waktu yang akan datang. Berbagai isu strategis dibahas, termasuk pengelolaan limbah, konservasi sumber daya alam, pengembangan ekowisata, serta upaya mitigasi terhadap perubahan iklim.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kutim, Andi Palessangi, menegaskan bahwa RPPLH ini merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap daerah.

“Penyusunan RPPLH ini harus sampai ke tingkat RT/RW. Ini merupakan RPPLH pertama kali sejak Kutai Timur berdiri,” jelasnya.

Di setiap daerah atau wilayah di wajibkan Penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH). Penyusunan rencana ini harus sampai di RT/RW. RPPLH pertama kali sejak Kutai timur berdiri

“Jadi kita adakan forum diskusi ini untuk menjaring isu-isu. Maka dari itu pihak kami mengundang OPD, Pihak Perusahaan dan kita libatkan masyarkat. Agar daerah kita ini terhindar dari pencemaran. Semua pembangunan harus melalui ijin lingkungan.”Ucapnya.

Diskusi terbuka yang digelar hari ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang konkret dan terukur untuk dijadikan dasar dalam penyusunan RPPLH Kabupaten Kutai Timur.

Pemerintah daerah berkomitmen untuk mengintegrasikan aspirasi masyarakat dan hasil kajian ilmiah dalam dokumen rencana ini guna menjamin keberlanjutan lingkungan hidup di wilayah ini.(Kiya)

Berita Terbaru