Dorong Ketahanan Pangan, Pemkab Kutim Berencana Bangun Pabrik Padi di Sangatta Selatan

Sangatta, – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang, menyampaikan rencana gemilang untuk membangun pabrik pengolahan padi di Sangatta Selatan. Hal ini diungkapkan dalam agenda Pesta Panen Sawah di Kilometer Satu, Kecamatan Sangata Selatan, pada hari Jumat (14/6/2024).

“Kami telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk merealisasikan pembangunan pabrik pengolahan padi menjadi beras di Kutim,” ujar Kasmidi Bulang dengan penuh semangat.

Kasmidi Bulang mengungkapkan bahwa program ini akan diinisiasi oleh Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Peternakan (DTPHP) dan ditargetkan dimulai pada tahun ini.

“Pabrik ini nantinya akan mencakup keseluruhan proses pengolahan padi, mulai dari penggilingan, penjemuran, hingga pengepakan, semua dalam satu tempat,” jelas Kasmidi Bulang.

Pemilihan Sangatta Selatan sebagai lokasi pembangunan pabrik didasarkan pada luasnya area persawahan di wilayah tersebut. Kasmidi Bulang, selaku Ketua DPD Perhiptani Kutim, memiliki visi untuk memajukan dan memodernisasi sektor pertanian di Kutai Timur.

“Banyak sekali keluhan dari kelompok tani, salah satunya terkait kebutuhan teknologi pasca panen yang harus segera tersedia di Kutim,” tegas Kasmidi Bulang.

Senada dengan Wabup, Syafaruddin Jafar, Ketua kelompok tani Sumber Makmur, mengungkapkan kendala yang dihadapi para petani dalam bertani saat ini.

“Kami sangat membutuhkan bantuan mobil pemanen padi, karena itu menjadi kendala utama saat panen. Ditambah lagi dengan sistem irigasi yang tidak optimal, sehingga banyak sawah yang tidak dapat diolah dan ditanami padi,” tutur Syafaruddin Jafar.

Oleh karena itu, Syafaruddin Jafar berharap agar pemerintah terus bersinergi dengan masyarakat dan kelompok tani untuk meningkatkan produksi padi lokal di Kutim. (Kiki/ADV)

 

Berita Terbaru