Ruang Dialog Kaltim Keren, Mahyudin Dorong Pengembangan SDM dan Industrialisasi

Sangatta – Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI, DR. H. Mahyudin, S.T., mengadakan diskusi dalam acara “Ruang Dialog Kaltim Keren” yang membahas permasalahan dan tantangan yang dihadapi Kalimantan Timur, serta rencana untuk mengatasi masalah terkait Sumber Daya Alam (SDA).

“Saya ingin membawa Kalimantan Timur dengan gagasan-gagasan yang membangun, bukan hanya menguntungkan orang besar, namun orang besar harus dapat menguntungkan orang kecil,” ujarnya saat membuka acara dialog tersebut.

Dalam pemaparannya, Mahyudin mengatakan bahwa Kaltim harus lebih baik daripada sekarang, terlebih APBD Kaltim yang cukup besar, yang dapat dimaksimalkan untuk kesejahteraan rakyat.

Ia juga mengusulkan program unggulan seperti perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM), dan pengalihan ketergantungan dari tambang ke industrialisasi serta pendidikan.

“Dengan adanya ruang dialog ini, saya merasa bersyukur karena banyaknya masukan berharga yang diterima dari masyarakat. Terutama generasi muda, generasi Z, yang belum mengenal saya, jadi biar tahu sosok saya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mahyudin juga mengatakan bahwa pemerintah sebaiknya berkolaborasi dengan perusahaan, di mana pemerintah menyediakan fasilitas dan perusahaan menyediakan tenaga kerja sekaligus pelatih. Perusahaan mengetahui berapa tenaga kerja yang akan dibutuhkan nantinya.

“CSR perusahaan seharusnya digunakan untuk pengembangan sumber daya manusia yang punya daya saing, jangan hanya berfokus pada pembangunan jalanan,” pungkasnya. (Kiya/*)

Berita Terbaru