Kutim Tengah Evaluasi Program Rp 50 Juta Per RT

Sangatta, – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) saat ini tengah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap program dana RT senilai Rp 50 juta per RT. Evaluasi ini dilakukan untuk menilai efektivitas dan akuntabilitas penggunaan dana tersebut, serta mengidentifikasi potensi kendala dan peluang untuk peningkatan di masa depan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kutim, M Basuni, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat, Muhammad Rusdy menjelaskan bahwa program dana RT ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat RT melalui pemberian dana yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti peningkatan ekonomi, pembangunan infrastruktur, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Namun, kami ingin memastikan bahwa program ini berjalan dengan efektif dan akuntabel, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” ujar Rusdy

Evaluasi ini dilakukan dengan metode sampling, di mana beberapa RT di setiap kecamatan akan dipilih untuk diteliti secara mendalam. Tim evaluasi akan melihat bagaimana dana tersebut digunakan, apa saja yang telah dicapai, dan apakah ada kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya.

Rusdy menekankan bahwa hasil evaluasi ini akan menjadi dasar untuk menentukan langkah selanjutnya terkait program dana RT.

“Jika evaluasi menunjukkan hasil yang positif, program ini mungkin akan dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan. Namun, jika ditemukan kendala atau kekurangan, maka akan dilakukan perbaikan dan penyesuaian untuk memaksimalkan manfaat program bagi masyarakat,” ujarnya.

Salah satu kendala yang diidentifikasi Basuni adalah kesulitan dalam membangun infrastruktur di daerah yang berada dalam kawasan perusahaan.

“Di daerah perkebunan sawit, misalnya, dana RT mungkin lebih efektif digunakan untuk program peningkatan ekonomi, sementara di daerah perkotaan, dana tersebut mungkin lebih bermanfaat untuk pembangunan infrastruktur,” jelasnya.

Oleh karena itu, Rusdy mempertimbangkan untuk memberikan keleluasaan kepada RT dalam memilih fokus penggunaan dana, apakah untuk peningkatan ekonomi atau Sapras, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di wilayah mereka masing-masing.

Evaluasi dana RT ini merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa program ini dikelola secara efektif dan akuntabel, serta memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di tingkat RT. Dengan evaluasi ini, diharapkan program dana RT dapat terus ditingkatkan dan dioptimalkan untuk mencapai tujuannya dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Berita Terbaru