Peluncuran Pelayanan KB Gratis Serentak Se-Indonesia 1 Juta Akseptor, Poniso ; Momentum Perkuat Ketahanan Keluarga

Sangatta, – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tahun, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menyelenggarakan peluncuran pelayanan KB gratis serentak se-Indonesia 1 juta Akseptor di Teras Belad, Sangatta, pada Selasa, (4/6/2024).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Asisten 1 Sekretaris Kabupaten Kutai Timur, Poniso Suryo Renggono. Dalam sambutannya, Poniso menyampaikan bahwa Hari Keluarga Nasional merupakan momentum penting untuk mengingatkan kita semua akan arti dan peran penting keluarga dalam kehidupan. Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang menjadi fondasi bagi terbentuknya generasi masa depan yang berkualitas.

“Memperkuat ketahanan keluarga adalah tanggung jawab kita bersama. Keluarga yang harmonis, sehat, dan sejahtera adalah kunci utama dalam menciptakan masyarakat yang kuat dan berdaya saing,” kata Poniso saat memberikan sambutan peluncuran pelayanan KB gratis serentak se-Indonesia 1 juta di Teras Belad.

Poniso menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Timur untuk terus mendukung program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Berbagai program kesehatan, pendidikan, dan ekonomi telah kita jalankan guna memastikan setiap keluarga di Kutai Timur mendapatkan hak dan kesempatan yang sama untuk berkembang,” jelas Poniso.

Lebih lanjut, Poniso menekankan peran sentral keluarga dalam membentuk karakter dan moral generasi penerus bangsa. “Keluarga adalah pilar utama dalam membentuk karakter dan moral anak-anak kita, yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Keluarga juga merupakan tempat pertama dan utama bagi setiap individu untuk mendapatkan kasih sayang, pendidikan, dan nilai-nilai kehidupan,” paparnya.

“Oleh karena itu, peran keluarga dalam menciptakan masyarakat yang harmonis, berpendidikan, dan berakhlak mulia sangatlah krusial. Sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga memiliki peranan penting dan berdaya guna dalam membentuk karakter penduduk. Dari keluarga pembentukan generasi yang kuat dan sehat dimulai,” jelas Poniso.

Mengakhiri sambutannya, Poniso mengajak seluruh hadirin untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas. Ia menyampaikan beberapa langkah yang dapat dilakukan, seperti mempromosikan hubungan yang sehat antar anggota keluarga, membangun komunikasi yang efektif, dan meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan keluarga.

“Hari Keluarga Nasional dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas komunikasi antara anggota keluarga,” pungkas Poniso. (Ky/ADV)

Berita Terbaru