DPRD Samarinda Kunjungi Kutim, Bahas Raperda Pencegahan Kebakaran

Kaltim, Parlementaria894 Dilihat

Sangatta, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke DPRD Kutai Timur (Kutim) pada hari Senin (3/6/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk bertukar informasi dan pengalaman terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran yang sedang dibahas oleh kedua belah pihak.

Anggota Pansus III DPRD Samarinda diterima langsung oleh Anggota Pansus Raperda Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran DPRD Kutim, Alfian Aswad, dan jajarannya.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak saling bertukar informasi dan pengalaman terkait penyusunan Raperda Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran.

Menurut Anggota Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Samarinda Jasno, saat ini DPRD Kota Samarinda juga tengah melakukan pembahasan raperda yang serupa, yakni tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran.

“Jadi dalam pertemuan itu kita sharing saja, apa-apa saja yang sudah dilaksanakan dan tentunya ada beberapa yang bisa kami ambil dari pertemuan tadi, terutama terkait pembahasan tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran,” Kata Jasno kepada sejumlah awak media

Dijelaskannya, Raperda ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), khususnya di Kota Samarinda yang sering dilanda kebakaran.

“Dengan adanya Raperda ini, diharapkan dapat mempermudah tugas Perangkat Daerah (PD) dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” ujar Jasno kepada sejumlah awak media

Lebih lanjut, Jasno menambahkan, kesamaan pembahasan Raperda ini menjadi peluang bagi DPRD Samarinda dan DPRD Kutim untuk saling membantu dan memperkuat dalam penyusunannya.

“Kita bisa saling berkoordinasi terkait pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran. Karena di setiap daerah, Raperda ini sangat membantu Perangkat Daerah dalam proses penanggulangan bahaya kebakaran,” tutup Jasno. (*/ADV)

Berita Terbaru