Tahun 2024, Diskop UKM Kutim Gelar Roadshow Promosi UMKM di 12 Titik

Sangatta – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) akan menggelar 12 Roadshow Promosi UMKM di tahun 2024. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan tahun 2023 yang mencapai 18 kali.

Bahkan Bazar Promosi UMKM ini, yang pertama telah dilaksanakan pada bulan Ramadhan lalu di lapangan Helipad Kantor Bupati Kutim.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kutim, Tegu Budi Santoso, didampingi Kabid Usaha Kecil Menengah, Pasombaran, menjelaskan bahwa bazar dan promosi UMKM ini sekaligus digunakan sebagai media kurasi dan inkubasi produk UMKM.

“Sama seperti tahun lalu, bazar ini akan bekerja sama dengan GENPRO sebagai konsultan untuk menyeleksi produk yang berpotensi memasuki pasar nasional bahkan internasional,” ujar Pasombaran saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (22/5/2024).

Tujuan utama bazar ini adalah untuk meningkatkan promosi usaha dan produk UMKM lokal. Dinas Koperasi akan bekerja sama dengan Perangkat Daerah (PD) terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Disperindag, TP PKK Kutim, dan Dekranasda Kutim.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat menampilkan, mempromosikan, dan membantu usaha mikro kecil menengah untuk memasarkan produk mereka dengan lebih baik. Dinas Koperasi akan membackup dan mendorong pelaku usaha mikro untuk lebih maju lagi,” jelas Pasombaran.

Kegiatan ini menargetkan para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Kutim untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas produksinya.

“Kegiatan ini melibatkan beberapa pihak termasuk konsultan pendamping yaitu GENPRO yang akan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha bersamaan dengan kegiatan bazar,” tutup Pasombaran.  (*/ADV)

Berita Terbaru