Pemkab Kutim Siapkan TPU Modern 4 Hektare di Sangatta Selatan

Kaltim, Parlementaria1141 Dilihat

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berencana membangun Tempat Pemakaman Umum (TPU) modern seluas 4 hektar di Sangatta Selatan. Meskipun lahan yang tersedia saat ini baru 4 hektar, namun hal tersebut dirasa cukup untuk sementara waktu.

“Luas 4 hektar ini kalau dibangun mall sudah lumayan,” canda anggota DPRD Kutim Jimmy ST, saat dihubungi, Kamis (23/5/2024).

TPU baru ini akan ditata dengan konsep modern, seperti yang terdapat di kota-kota besar. Di lokasi TPU nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas parkir, rumah penjaga makam, dan area yang tertata rapi.

“Penataan ini dilakukan agar TPU tidak terkesan seram bagi masyarakat yang berkunjung.  Kita ingin TPU ini menjadi tempat yang nyaman dan representatif, seperti halnya San Diego Hills,” jelas Jimmy.

Meskipun lokasi TPU berada di daerah yang agak rendah dan rawan terendam air, Jimmy meyakinkan bahwa hal tersebut tidak menjadi masalah. Infrastruktur di sekitar lokasi akan dibenahi agar TPU ini menjadi tempat yang aman dan nyaman.

Pembangunan TPU modern ini sejalan dengan rencana Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kutim untuk membuka TPU baru di Sangatta Selatan. Kapasitas TPU yang ada di Sangatta Utara dan Selatan saat ini sudah hampir penuh, sehingga diperlukan TPU baru untuk menampung kebutuhan masyarakat.

“Lahan seluas 5 hektar di Sangatta Selatan akan dibebaskan untuk pembangunan TPU baru. TPU ini akan dilengkapi dengan fasilitas umum dan pemisahan antara TPU muslim dan non muslim,” kata Kepala Disperkim Kutim Iif Makruf

Pembangunan TPU modern ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi kebutuhan pemakaman di Kutim, sekaligus menjadi tempat peristirahatan terakhir yang nyaman dan representatif bagi masyarakat. (*/ADV)

Berita Terbaru