Germas Karangan Ilir, Bupati Ardiansyah Tekankan Pentingnya Konsumsi Makanan Sehat dan Pemeriksaan Kesehatan

Karangan Ilir, – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman bersama rombongan, termasuk Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Bahrani Hasanal, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kecamatan Karangan Ilir. Kunker ini dalam rangka kegiatan implementasi Germas bertajuk “Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita” yang diadakan di Lapangan Sepak Bola Karangan Ilir, Senin (20/5/2024).

Acara Germas diawali dengan kegiatan senam bersama dan dilanjutkan dengan gerakan makan buah dan minum susu bersama.

Dalam laporannya, Kepala Dinkes Kutim dr Bahrani Hasanal menyampaikan bahwa Germas telah mengalami transformasi dari fokus pada pengobatan menjadi pencegahan.

“Sekarang fokus Germas adalah dari berobat jadi mencegah. Jangan sampai menunggu sakit parah baru berobat. Sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin,” tegasnya.

Bahrani juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan sejak dini.

“Jangan sampai terjadi komplikasi. Kalau dicegah dari sekarang penyakit yang mengenaskan bisa diatasi,” ajaknya.

Ia menambahkan bahwa gaya hidup sehat perlu dibudayakan dan diterapkan sejak usia dini.

“Mari kita mulai dengan hidup sehat. Dengan pencanangan ini, dan dengan sering-sering cek kesehatan, semoga semua sehat dan produktif,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengajak seluruh masyarakat Karangan Ilir untuk menjaga kesehatan dengan cara mengonsumsi makanan sehat.

“Sering-sering makan buah dan minum susu. Maksudnya makanan sehat seperti ini ada tersedia di rumah kita. Sajikan buah pepaya, pisang, dan buah lainnya di rumah kita,” jelasnya.

Ia juga mendorong masyarakat untuk membeli buah-buahan di pasar. “Silakan hidup sehat. Silakan makan buah di rumah. Setuju?” ajaknya.

Pada kesempatan itu, Bunda PAUD Siti Robiah membagikan buah kepada anak-anak PAUD. Kemudian, Bupati Ardiansyah Sulaiman secara simbolis menyerahkan makanan tambahan (PMT) sehat berupa susu dan kue kepada 3 orang ibu hamil. Bunda PAUD Siti Robiah juga secara simbolis menyerahkan PMT kepada 10 orang ibu menyusui. (*)

Berita Terbaru