Bonus Demografi Jadi Kunci Persaingan di Era IKN, Wabup Kutim Minta Generasi Muda Siap Hadapi Tantangan

Kutai Timur, – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi momen penting untuk meneguhkan semangat juang dan mempersiapkan generasi muda dalam menyongsong era baru, khususnya dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang usai memimpin upacara peringatan Harkitnas di Halaman Kantor Bupati Kutim, Senin (20/5/2024).

“Tadi sambutan menteri menyampaikan bahwa digitalisasi bonus demograsi itu semua merupakan hal penting yang tidak boleh kita pisahkan. Kalau menurut saya juga ini akan menjadi program sasaran kita kedepan, yang mana yang paling utama adalah bonus demografi,” Kata Kasmidi Bulang

Lebih lanjut, ia juga menekankan bahwa IKN di Kaltim akan membuka berbagai peluang baru, namun juga menghadirkan tantangan yang tidak kalah besar. Oleh karena itu, generasi muda di Kutim harus dibekali dengan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan mental yang mumpuni agar mampu bersaing dan mengambil manfaat dari keberadaan IKN.

“Kita harus menyiapkan generasi muda kita agar siap bersaing di daerah kita sendiri. Karena apa, karena Kaltim akan menjadi sorotan nasional, karena IKN, dan tidak menutup kemungkinan Kutim akan menjadi daerah penyangga,” Ucapnya

Karena itu, Kasmidi  mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam mempersiapkan generasi muda Kutim menghadapi era IKN. “Oleh sebab itu kita harus menciptakan orang hebat kedepan khususnya Putra Putri kita. Yang sekarang sudah menempuh pendidikan di Universitas atau Perguruan Tinggi harus kita bekap lagi, seperti melalui program beasiswa, atau mungkin disekolahkan kembali keluar, dan ketika pulang bisa menjadi orang hebat,” Tuturnya (*/ADV)

Berita Terbaru