Upaya Desa Wisata Pela Tarik Minat Wisatawan

Kutai Kartanegara – Peningkatan fasilitas sarana dan prasarana sangat berperan penting terhadap penunjang sektor wisata. Upaya ini lah yang terus dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar). Hal ini juga berpengaruh terhadap daya tarik bagi wisatawan.

Dalam rangka meningkatkan sejumlah fasilitas sarana dan prasarana wisata di Desa Pela, Pokdarwis tengah meminta bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk turut terlibat. Ajuan bantuan yang ditujukan kepada pemerintah daerah pun menuai hasil yang positif. Dalam rencana pembangunan Pemkab Kukar pada 2024, pemerintah daerah berencana mengalokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk pengembangan objek Desa Wisata Pela.

Kolaborasi antar pengelola Desa Wisata Pela dan pemerintah daerah untuk pengembangan wisata ini pun diharapkan terus berjalan.
“Harapannya kolaborasi kita berlanjut. Sarana dan prasarana yang kurang itu agar bisa dilengkapi,” ujar Ketua Pokdarwis Desa Wisata Pela, Alimin.

Anggaran bantuan senilai Rp1 miliar yang akan dialokasikan untuk pengembangan Desa Wisata Pela tersebut rencananya akan digunakan untuk membiayai pembangunan sarana dan prasaran objek wisata.

Diantaranya pembangunan infrastruktur seperti membangun jalam sepanjamg 400 meter untuk menuju lokasi objek wisata. Kemudian pembangunan gerbang sebagai ucapan selamat datang serta gazebo yang menjadi tempat berisitirahat dan bersantainya para wisatawan.
“Kepastian itu disampaikan waktu kunjungan Wakil Bupati (Wabup) Kukar ke Desa Pela pada bulan Maret lalu,” tutupnya. (Adv/diskominfokukar).