Pemdes Kerta Buana Libatkan Masyarakat Untuk Kembangkan Wisata

Kutai Kartanegara – Kertan Buana merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar). Desa ini memiliki banyak potensi yang dapat berdampak positif terhadap ekonomi. Salah satunya, dengan mengembangkan destinasi wisata.

Kepala Desa Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki, mengatakan, Kesuksesan destinasi wisata Desa Penglipura yang terletak di Provinsi Bali menjadi inspirasi Desa Kerta Buana untuk pengembangan wisata. Bahkan, Desa Penglipura tengah menjadi rujukan bagi Desa Kerta Buana. Bahkan, Desa Kerta Buana akan meniru jejak Desa Penglipura dalam pemberdayaan masyarakat menuju pembangunan desa wisata.

Melestarikan kebudayaan lokal menjadi salah satu langkah dan visi Desa Kerta Buana untuk menarik minat pengunjung atau wisatawan.
“Kami terinspirasi oleh kesuksesan Desa Penglipura di Bali dalam mengembangkan pariwisata lokal. Kami memiliki keinginan yang kuat untuk mengikuti jejak mereka,” ujar I Dewa Ketut Basuki.

Melalui upaya pemberdayaan dan pembinaan masyarakat dinilai menjadi kunci utama untuk mencapai tujuan tersebut. Pendekatan secara intensif yang menyasar kepada seluruh warga pun akan dilakukan untuk menggapai cita-cita tersebut. Dengan harapan, masyarakat turut mendukung sepenuhnya proses pengembangan desa wisata ini.
“Pendekatan Ketua RT dengan masyarakat telah mendapatkan respon yang baik. Kami percaya, bahwa melalui kerjasama dan partisipasi aktif dari seluruh warga, kita dapat mencapai impian bersama ini,” sebutnya.

Sebagai awal pengembangan wisata ini, pemerintah desa setempat akan menandainya dengan pembangunan taman desa. Dalam rencananya, taman akan dibangun di atas tanah dengan lias 300 meter persegi. Nantinya taman itu akan dilengkapi sejumlah fasilitas hiburan, termasuk lokasi kesenian budaya yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.
“Rencananya wilayah ini akan dijadikan sebagai pusat kegiatan seni dan budaya, sebagaimana yang telah berhasi diimplementasikan di Desa Penglipura,”tutupnya. (Adv/diskominfokukar).