Bawaslu Kutim Temukan 6 Pelanggaran di TPS, Ada Potensi PSU

Sangatta, – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menemukan 6 pelanggaran di 6 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Kutim, Kalimantan Timur. Hal ini berpotensi memicu Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS-TPS tersebut.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi (PP Datin) Bawaslu Kutim, Musbah Ilham, menjelaskan bahwa pelanggaran tersebut ditemukan di 5 TPS di Sangatta Utara dan 1 TPS di Kecamatan Sangkulirang.

“Pelanggaran tersebut terjadi di TPS 25, 24, 114, 125, 67, dan TPS 11 Sangkulirang,” kata Musbah kepada awak media di ruang kerjanya.

Bawaslu Kutim saat ini sedang mengkaji pelanggaran tersebut dan terus memantau situasinya sesuai mekanisme yang ada. Hal ini mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 25 tahun 2013 dan UU 7 tahun 2017.

“Kami masih mendalami apakah pelanggaran di Sangkulirang masuk kategori pidana atau pelanggaran administrasi. Nanti akan kami sampaikan ke media,” tegas Musbah.

Musbah menambahkan, dari pelanggaran tersebut tak hanya di dalami secara sepihak akan tetapi semua pimpinan Bawaslu Kutim akan merembuk dan mendalami hal itu. Akan tetapi belum masuk dalam tahapan rapat pleno. (*/s)

Berita Terbaru