Pembangunan Puskesmas Batu Ampar Disepakati di Lokasi Baru

Sangatta – Kendala pembangunan Puskesmas Batu Ampar di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terkait klaim lahan dari PT Kiani Lestari akhirnya menemui titik terang. Setelah dilakukan mediasi, kedua belah pihak sepakat untuk membangun puskesmas di lokasi baru.

Kesepakatan ini disampaikan oleh Anggota DPRD Kutim M Amin, yang turut hadir dalam mediasi tersebut. Menurut Amin, lokasi baru yang disepakati merupakan lahan milik pemerintah daerah. Lokasi ini dinilai lebih strategis karena berada di tengah-tengah pemukiman penduduk.

“Permasalahan lahan untuk pembangunan Puskesmas Batu Ampar, sudah selesai, setelah dilakukan mediasi. Memang bukan lahan lokasi awal, yang ternyata masih digunakan perusahan, tapi diganti lahan yang lebih stategis,” kata Amin, Kamis (16/11/2023).

Ia menjelaskan, lokasi pembangunan Puskesmas Batu Ampar yang baru berada di Desa Batu Timbau, Kecamatan Batu Ampar. Lokasi tersebut lebih strategis karena berada di tengah-tengah pemukiman warga.

“Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan Puskesmas Batu Ampar sekitar Rp8 miliar. Rencananya, pembangunan akan selesai tahun ini,” ujar Amin.

Pembangunan Puskesmas Batu Ampar sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Pasalnya, puskesmas yang ada saat ini sudah tidak layak lagi.

“Puskemas yang ada saat ini sudah sangat tua dan tidak layak lagi. Apalagi, jumlah penduduk di Batu Ampar terus bertambah,” kata Amin.

Dengan adanya Puskesmas Batu Ampar yang baru, diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat

Berita Terbaru