Infrastruktur Kutim Masih Banyak yang Harus Ditingkatkan

Sangatta – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menegaskan bahwa masih banyak infrastruktur di Kutim yang harus ditingkatkan. Hal ini disampaikannya saat mendampingi Gubernur Kaltim Isran Noor pada kegiatan Ground Breaking lanjutan Pembangunan Jembatan Sungai Nibung di Desa Kadungan Jaya, Kecamatan Kaubun, belum lama ini.

“Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang memadai dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa, membuka isolasi kawasan, meningkatkan aksesibilitas jasa pelayanan sosial, ekonomi termasuk kesehatan,” kata Ardiansyah Sulaiman belum lama ini

Karena itu, Ardiansyah menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan jajaran Pemprov Kaltim yang kembali melanjutkan pembangunan jembatan tersebut. Ia berharap dengan hadirnya Jembatan Sungai Nibung, akses antara Desa Kadungan Jaya dan Pelawan semakin lancar. Selain itu, jembatan ini juga akan membuka akses luas menuju daerah di Kabupaten Berau.

Ardiansyah juga berharap ruas jalan yang menghubungkan Desa Kadungan Jaya di Kaubun hingga ke Kecamatan Karangan sepanjang 78 kilometer bisa ditingkatkan. Ia berharap program pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan Pemkab Kutim dan Pemprov Kaltim terus bersinergi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya, Gubernur Isran Noor menjelaskan bahwa jembatan Sungai Nibung sepanjang 390 meter sudah dimulai pembangunannya pada 2014 lalu. Namun dengan berbagai pertimbangan tidak dilanjutkan. Selanjutnya pada 2023 ini progress pembangunannya kembali akan diselesaikan.

“Jika tidak ada hambatan di lapangan, target penyelesaiannya rampung pada Desember 2024. Total biaya APBD Provinsi Kaltim untuk penyelesaian jembatan ini sebesar Rp 300 miliar,” ungkap Isran.

Dalam pemaparannya, Isran juga mengajak pihak swasta berperan lebih banyak untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan dana corporate social responsibility (CSR). Ia berharap dengan adanya Pergub yang mengatur dana CSR, ada kepedulian bersama, gotong-royong dan berpartisipasi dalam mengentaskan kemiskinan di Kaltim. (ADV/KE)

Berita Terbaru