Tahun Ini Dinas Perkim Kelola Anggaran Rp600 Miliar Lebih

Sangatta – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim)  tahun ini dipercaya  mengelola anggaran sebesar Rp600 miliar lebih. Anggaran sebesar itu akan digunakan untuk beberapa kegiatan mulai dari pembangunan jalan lingkungan, pembangunan drainase kawasan pemukiman, pembangunan PPU, perbaikan rumah layak huni,  serta perbaikan rumah korban bencana banjir. Demikian  dikatakan Kepala Dinas Perkim Kutim  Ahmad Iip  Makruf, Didampingi Sekretaris Perkim Yuliansyah dan Kepala Bidang Perumahan Novian Prananta.

“Tahun ini Dinas Perkim kini diberikan anggaran senilai Rp600 miliar. Anggaran itu akan digunakan untuk beberapa program antara lain pembangunan jalan lingkungan, pembangunan drainase, perbaikan rumah layak huni, dan perbaikan rumah korban bencana banjir ,” kata Iip, kepada sejumlah wartawan saat ditemui di ruang kerjanya Rabu (1/2/2023)

Untuk program pembangunan jalan lingkungan, Iip mengatakan belum mengetahui pasti berapa paket pekerjaan yang akan dikerjakan. Hanya diakui, separu dari angaran yang ada itu akan digunakan untuk pekerjaan jalan lingkungan dan drainase. Sebagian besar dilakukan di Sangatta Utara dan Sangatta Selatan.  Meskipun belum ketahun berapa jumlah pakerjaan proyeknya, namun dipastikan  julahnya cukup banyak, bisa ratusan paket pekerjaan.

“saat ini masih sedang dihitung, karena kebetulan akan dikonsolidasikan,” Jelasnya kepada sejumlah awak  media

Sementara untuk perbaikan rumah, itu jumlahnya sekitar 750 unit. Meskipun banyak, namun angaran tidak terlalu banyak, karena nilainnya hanya  sekitar 20 juta per rumah. Pakerjaan perbaikan rumah ini meliputi perbaikan atap, atau dinding atau lantai (Aladin).

Sementara untuk perbaikan rumah korban bencana, diakui  program ini termasuk baru. Sebab program ini adalah program untuk peninggian rumah korban bencana banjir tahun lalu. Jumlah rumah yang akan ditinggihkan sekitar 100 rumah, yang berada di Sangatta Utara dan selatan.

“Anggaran yang disediakan senilai Rp2 miliar. Tapi untuk sasaran, masih sedang digodok tim. Tim yang menentukan  rumah siapa saja yang layak mendapat bantuan untuk ditinggikan. Tim ini terdiri antara lain Bappeda, Kecamatan, termasuk BPBD dan desa. Tim ini yang usulkan rumah mana yang akan diperbaiki di Perkim,” Tutupnya (*/K)

Posting Terkait

Berita Terbaru

Berita Terbaru