oleh

Diskominfo Perstik Berencana Akan Evaluasi TV Kutim

Sangatta – Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berencana akan mengevaluasi  Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Televisi Kutai Timur (TV Kutim) yang sudah lama berdiri sejak tahun 2001 lalu.

Namun beberapa tahun terakhir, keberadaan TV Pemerintah itu tak pernah terlihat lagi pasca mendapatkan ditegur dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) karena terdapat ada tayangan yang dianggap tak layak. Dimana saat itu masih dibawah naungan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo).

Terlebih saat itu juga, keberadaan TV Kutim juga harus divakumka sementara waktu oleh Pemkab Kutim, lantaran saat itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) TV Kutim, belum memiliki perda penyiaran sebagai payung hukum dan syarat dalam sebuah penyiaran.

Namun setelah dialihkan dibawah naungan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik sejak tahun 2017 lalu, kini keberadaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) TV Kutim sudah memiliki payung hukum yang jelas sebagai salah satu persyaratan penyiaran yakni, Peraturan Daerah (Perda) No 3 Tahun 2018 tentang lembaga penyiaran Radio dan TV Kutim,

Menanggapi terkait perkembangan TV Kutim saat ini, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik, Ery Mulyadi mengaku jika pihaknya berencana akan mengevaluasi kembali Televisi milik Pemerintah tersebut.

“Yang kita evaluasi itu, apakah perlu penambahan atau tidak. Nanti secara bertahap tentu saja kalau memang itu bagus perkembangannya dan memang di butuhkan masyarakat nanti akan kita aktifkan kembali,” Ucapnya kepada sejumlah awak media saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (16/11/2021). (*/KE)

 

Berita Terbaru